Sabtu, 05 Februari 2011

Alternatif Model Pembelajaran

Model Example Non Examples
Langkah-langkah Pembelajaran:
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
  4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  7. Kesimpulan


     Model Picture and Picture
    Langkah-langkah Pembelajaran:
    1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    2. Menyajikan materi sebagai pengantar
    3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
    4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
    5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
    6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
    7. Kesimpulan/rangkuman
    Model Jigsaw
    Langkah-langkahnya:
    1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
    2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
    3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
    4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
    5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
    6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
    7. Guru memberi evaluasi
    8. Penutup 
    Model Problem Based Intruction
    Langkah-langkahnya:
    1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
    2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
    3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
    4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
    5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan


    EmoticonEmoticon