Sabtu, 03 Desember 2011

Instrumen Pengamatan Aktivitas Guru Dalam PTK

Ketika seorang guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas, aktivitas guru menjadi variable penting untuk di amati mengingat sebagus apapun strategi pembelajaran untuk memecahkan masalah penelitian, namun tanpa dukungan kemampuan guru yang baik, maka penelitian tersebut dipastikan kurang maksimal. Selain itu PTK sendiri merupakan tindakan reflektif untuk memecahkan permasalahan pembelajaran, termasuk kekurangan-kekurangan guru dalam pelaksanaan KBM. Dengan demikian instrument pengamatan aktivitas guru menjadi bagian penting dalam proses KBM karena menjadi rambu-rambu bagi pengamat/Observer untuk mengamati guru peneliti.

Untuk itu, saya akan mencoba menyediakan salah satu contoh instrument pengamatan kinerja guru. Jika teman-teman ingin mendapatkan variasi instrument dapat di diperoleh dalam lingk download di bawah postingan ini.

NO
AKTIVITAS GURU
SKOR
Keterangan Skor
1
2
3
4
5

Kegiatan Pembuka Pelajaran





1
Melakukan kegiatan apersepsi




Keterangan skor
1. Sangat kurang
2. Kurang
3. Cukup
4. Baik
5. Sangat Baik


Kriteria Penilaian
<20%       Sangat Kurang
20%-40% Kurang
41%-60% Sedang
61%-80% Baik
>80%       Sangat Baik




 











2
Menarik dan memfokuskan perhatian siswa




3
Menyampaikan kemampuan yang harus dicapai siswa




4
Menjelaskan rencana belajar yang akan dilakukan





Kegiatan Inti Pembelajaran




5
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan




6
Kemampuan menjelaskan dan memberi contoh




7
Penguasaan materi pelajaran




8
Melaksanakan pembelajaran secara runtut




9
Keterampilan membentuk kelompok




10
Keterampilan membina dan membimbing kelompok




11
keterampilan penggunaan sumber belajar/media pembelajaran




12
Efektifitas penggunaan media




13
Relevansi media dengan tujuan belajar




14
Menguasai kelas




15
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa




16
Merespon positif partisipasi siswa




17
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa




18
Menunjukkan kedekatan hubungan dengan siswa




19
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar




20
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan





Kegiatan Penutup




21
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa




22
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan





JUMLAH SKOR YANG DIPEROLEH





SKOR MAKSIMAL

PERSENTASE SKOR

INSTRUMEN PENILAIAN AKTIVITAS GURU 1  DOWNLOAD
INSTRUMEN PENILAIAN AKTIVITAS GURU 2  DOWNLOAD
INSTRUMEN PENILAIAN AKTIVITAS GURU 3  DOWNLOAD


EmoticonEmoticon